Trik Membuat Denah Rumah 2 Lantai Bergaya Minimalis

kamar mandi minimalis
Beberapa tahun belakangan, pembangunan infrastruktur mengalami peningkatan. Pembangunan seperti gedung menjadi faktor penyebab menipisnya lahan untuk hunian. Pada akhirnya, banyak yang memilih jalan pintas dalam memanfaatkan lahan yang terbatas tersebut. Salah satu alternatifnya adalah membangun rumah bergaya minimalis. Sebelum melangkah lebih jauh, hal yang musti menjadi perhatian adalah bagaimana membuat denah ruma seperti denah rumah 2 lantai .

Denah rumah 2 lantai pada rumah minimalis sebetulnya mudah diterapkan asal Anda tahu trik-triknya. Adapun trik-trik dalam membuat denah untuk rumah lantai 2 ialah sebagai berikut

  1. Persiapkan bahan dan alat kerja

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan segala keperluan pendukung untuk membuat denah. Biasanya alat-alat yang dibutuhkan terdiri dari alat stationary (kertas, pensil, penggaris, jangka), komputer dan sebagainya. Meskipun dianggap sepele, namun bila Anda tidak memiliki peralatan kerja yang lengkap, jangan harap Anda dapat membuat denah rumah lantai 2 dengan tepat.

 

  1. Menentukan konsep antar ruang

Setelah menyiapkan beberapa peralatan, kini Anda bisa menentukan hubungan antar ruang yang didasarkan pada konsepnya. Sebagai contoh, ruang tamu lebih baik ditempatkan di bagian depan, sedangkan ruang keluarga maupun dapur diletakkan pada bagian tengah dan belakang.

 

  1. Menyesuaikan fungsi ruangan

Masih berkaitan dengan poin di atas, Anda perlu menempatkan beberapa ruangan sesuai dengan fungsinya. Misalnya, Penempatan ruang tamu di area depan difungsikan agar tamu dapat langsung merasakan suasana rumah tanpa menganggu penghuni lain.
rumah mewah minimalis

  1. Sesuaikan dengan lantai dasar

Denah rumah lantai 2 sebaiknya disesuaikan dengan lantai dasar (bagian bawah). Hal ini dimaksudkan agar Anda mendapatkan detil yang lebih jelas mengenai luas ruangan yang akan ditempatkan, sehingga ruangan yang tergambar pada denah dapat digunakan secara maksimal.

Itu tadi beberapa trik sederhana untuk membuat denah rumah 2 lantai bergaya minimalis. Anda bisa membuat denah sesuai yang diinginkan dengan memperhatikan hal paling mendasar. Anda dapat memanfaatkan aplikasi penunjang seperti Google SketchUp agar hasil denah tampak sama dengan penerapannya nanti.