Susunan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan

Bila Anda coba berkeliling dunia bisa di pastikan Anda bakal susah temukan bangunan bata dengan rangka atap kayu serta penutup atap genteng tanah liat seperti yang masih tetap seringkali kita jumpai di banyak daerah di Indonesia. Anda bakal temukan dominasi rangka atap baja ringan serta material pre fabrikasi yang lain pada perumahan perkantoran bangunan industri sampai komersil. Sebagian argumen memicu fakta itu termasuk juga salah satunya yaitu tingginya harga material serta tenaga kerja untuk teknologi konstruksi tradisional dan saat tempuh pemasangan rangka baja ringan yang tambah lebih cepat. Jadi tidak terlalu berlebih bila disebutkan kalau baja ringan bakal jadi tren di hari esok.

Susunan Atap Baja RinganDi Indonesia tren yang mulai booming yaitu atap baja ringan sedang untuk dinding masih tetap belum demikian seringkali diketemukan terkecuali pada fungsi-fungsi bangunan spesifik. Bila dibanding pada cost tenaga kerja yang perlu di keluarkan pada bangunan konvensional (dinding bata serta rangka atap non-baja) yang rata-rata memerlukan saat 4 – 6 bln. dengan cost tenaga kerja dari proyek berbasiskan rangka baja ringan serta material pre fabrikasi dengan rata-rata saat pelaksanaan 6 – 8 minggu Anda bakal memiliki kalau proyek berbasiskan baja ringan relatif lebih rendah. Sistem ereksi yang lebih cepat (karna bobot enteng) yaitu satu diantara aspek penunjang penghematan cost. Sebagian studi menyampaikan kalau keseluruhan cost yang bisa dihemat meraih 30%.

Karna susunan basic rangka atap baja ringan yaitu pre-fabrikasi jadi Anda bakal memiliki ketekunan kwalitas serta kecepatan pemasangan lebih dari pada susunan rangka atap tradisional seperti kayu. Seperti yang sempat kami paparkan pada artikel terlebih dulu kalau rangka atap baja ringan mempunyai banyak keunggulan yang membuatnya semakin dilirik oleh beberapa customer yakni : berbobot enteng pemasangan relatif gampang serta cepat tahan pada karat berbentuk tidak gampang terbakar nyaris tidak mempunyai nilai muai serta susut dan mempunyai sistem finishing yang gampang karna tidak membutuhkan pengecatan.

Apakah Baja Enteng Ramah Lingkungan?

Lalu pertanyaan itu mulai nampak ke permukaan bersamaan semakin giatnya pemerintah Indonesia mencanangkan program go green pada tiap-tiap bidang termasuk juga pada bidang industri serta konstruksi. Menurut Green Building Council Indonesia : “Bahan bangunan yang bisa dipandang hijau yaitu yang termasuk juga tumbuhan paling barukan seperti bambu serta jerami kayu dari rimba yang dikelola dengan lestari serta product lain yang non-toksik bisa dipakai kembali paling barukan atau bisa didaur ulang”. Sekarang ini kayu yang dikelola dengan benar semakin habis bersamaan dengan semakin banyak diketemukannya illegal logging. Jadi kehadiran baja ringan bisa disebutkan ramah lingkungan di mana cuma 30% dari keseluruhan daya siklus hidup satu bangunan yang dipakai sepanjang konstruksi sedang 70% yang lain di keluarkan sepanjang masa hidup bangunan.

Dari perspektif produksi industry baja ringan di semua dunia dengan substansial sudah kurangi mengkonsumsi daya serta polusi. Di Indonesia kita bisa lihat pada brosur-brosur rangka atap baja ringan yang di keluarkan oleh sebagian pabrik di mana baja ringan itu sudah di beri kode ekolabel yakni label yang menerangkan kalau product itu yaitu ramah lingkungan. Ekolabel sendiri sudah diterangkan oleh pihak Kementrian Lingkungan Hidup Indonesia lewat situsnya www. menlh. go. id kalau pemberian info itu mempunyai tujuan untuk mendorong keinginan serta penawaran product ramah lingkungan di pasar yang mendorong perbaikan lingkungan dengan berkepanjangan.

Lalu bila dilihat dari fase hidup bangunan (life-cycle) bangunan dengan rangka atap baja ringan hasilkan efisiensi daya yang cukup tinggi meskipun iklim bertukar-ganti. Atap baja ringan tawarkan kemampuan termal yang begitu terbaik dibanding dengan bahan atap lain. Karakter baja ringan dapat melindungi interior bangunan tetaplah dingin sepanjang cuaca tengah panas juga dapat melindungi suhu ruang lebih hangat sepanjang cuaca dingin.

Bila Anda punya niat untuk bangun tempat tinggal yang diimpikan Anda yakinkan Anda memakai rangka atap baja ringan dengan semua keunggulannya. Bukanlah sekedar hanya ikuti tren tetapi lebih pada usaha riil wujudkan sustainable environment lewat bangunan.