Serba Serbi Raja Ampat

Siapa sih yang gak kenal Raja Ampat Holidays? Wisata bahari satu ini pasti sudah tidak asing lagi terutama untuk kalian yang hobi travelling. Dan bagi kalian yang masih awam, disini saya akan menjelaskan beberapa hal menarik dari Raja Ampat. Raja Ampat bukanlah satu pulau tunggal yang dijadikan sebagai objek wisata melainkan beberapa pulau. Empat pulau ini terdiri dari Pulau WaigeoPulau MisoolPulau Salawati, dan Pulau Batanta. Kepulauan Raja Ampat terletak di barat bagian Kepala Burung (VogelkoopPulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat , Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini menjadi tujuan bagi para penyelam yang ingin menikmati keindahan bawah lautnya. Nama dari Raja Ampat jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti empat raja. Singkat cerita, dulu di daerah tersebut ada empat raja yang memerintah dengan sangat bijaksana. Karena itulah nama empat raja tersebut dijadikan sebagai nama dari keempat pulau di Raja Ampat.

Raja Ampat menyimpan kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah. Kepulauan Raja Ampat berpotendi menjadi objek wisata terutama wisata penyelaman. Perairan di Kepulauan ini menurut beberapa sumber menjadi salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Karena itu, Raja Ampat dijuluki sebagai Hutan Amazon bawah laut karena menyimpan begitu banyaknya biota laut dari spesies apa pun. Kawasan terumbu karang di pulau ini kondisinya masih sangat baik dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag. Dan terumbu karang ini menjadi terumbu karang tercantik di dunia. Para penyelam akan dimanjakan dengan biota bawah laut yang cantik serta terumbu karang yang beragam. Para penyelam juga akan berjumpa dengan beberapa jenis jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta pada saat menyelam. Tidak hanya itu,di perairan ini juga ada Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie.

Untuk masyarakatnya, Raja Ampat memiliki masyarakat yang memiliki kebiasaan yang sangat unik. Karena kebanyakan dari masyarakatnya sangat menyukai buah pinang dan permen. Masyarakat di Raja Ampat terkenal dengan keramahtamahannya . baik itu dari wisatawan dalam negeri maupun wisatawan dari luar negeri. Mayoritas dari mereka berprofesi sebagai nelayan dan memiliki usaha sampingan menjadi pemandu wisata. Jika kalian ingin ditemani pemandu local, kalian tidak perlu merogoh kocek yang dalam karena cukup di beri permen atau buah pinang mereka pun sudah sangat senang. Tradisi makan pinang ini juga memiliki istilah para-para pinang.

Ternyata, pergi ke Raja Ampat bukan perkara yang mudah. Karena ,kita harus merogoh kocek yang dalam jika ingin pergi ke tempat ini. Bukan hanya biaya yang harus disiapkan tetapi mental juga harus disiapkan. Karena, tida semua pengunjung bisa berlibur ke Raja Ampat. Mereka harus disaring terlebih dahulu. Karena di Raja Ampat sendiri memiliki peraturan yang cukup ketat untuk pengunjung yang datang. Hanya pengunjung yang berpendidikan dan mengetahui betapa pentingnya Raja Ampat saja yang diperbolehkan pergi.hal ini untuk menjaga agar tidak ada wisatawan nakal yang akan merusak kelestarian Raja Ampat.