Rupiah Ditutup malah Loyo

Nilai tukar rupiah pada dolar Amerika Serikat (USD) pada akhir perdagangan hari ini masihlah susah keluar dari desakan, untuk tetaplah ada di kisaran Rp13. 320/USD.

Rupiah Ditutup malah Loyo

Trend pelemahan mata uang Garuda berlangsung waktu USD makin terpuruk pada yen sampai menyentuh posisi paling rendah.

Posisi rupiah menurut http://kursdollar.co.id pada hari ini ditutup di level Rp13. 328/USD atau juga turun cukup dalam dari posisi terlebih dulu di level Rp13. 300/USD. Rupiah bergerak dengan kisaran harian Rp13. 307-Rp13. 352/USD.

Menurut data dari kurs rujukan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah tertahan pada level Rp13. 335/USD. Posisi ini lebih buruk dari posisi terlebih dulu yang ada di level Rp13. 308/USD.

Data Kurs Bank Indonesia tunjukkan rupiah selesai pada posisi Rp13. 329/USD atau juga tak tambah baik dari posisi penutupan terlebih dulu di level Rp13. 319/USD. Gerakan rupiah awal minggu ada pada kisaran level Rp13. 321-Rp13. 352/USD.

Di segi lain seperti ditulis Reuters, Rabu (22/3/2017) USD anjlok ke posisi paling rendah dalam empat bln. pada yen, sebagai incaran investor untuk jadi investasi aman.

Terdaftar USD jatuh meraih 0, 4% jadi 111. 25 di dalam perbincangan berkaitan jaminan kesehatan pada kongres Amerika tengah minggu ini.

Sesaat pada perdagangan sore tengah minggu hari ini, euro lebih rendah 0, 2% jadi 1. 0790 melawan USD, sebelumnya setelah bergerak variasi.

Bahkan juga tempo hari, euro tembus posisi paling tinggi mulai sejak 2 Februari di level 1. 0819 dipicu sentimen debat Presiden Perancis dimana pelaku pasar lihat calon Presiden yang disebut bekas Menteri Ekonomi, Macron, berpeluang memenangi Pilpres.

Catatan Commerzbank pada client menjelaskan kalau mereka skeptis mengenai kekuatan euro untuk lakukan rally kelanjutan.

Saya sangsi kalau investor bakal mengambil resiko, apabila lihat keadaan politik Eropa. Jejak pendapatan dan juga pandangan beberapa pakar tentang pemilu begitu jelek.

Misalnya Hilary Clinton sudah nampak sebagai pemenang atas Trump waktu perbincangan. Saya meyakini bukanlah hanya satu yang mengingat hal itu.