Ragu Melakukan Ibadah Qurban Online? Simak Ulasan Berikut!

Berqurban adalah salah satu ibadah yang diwajibkan untuk umat Islam, berqurban diwajibkan bagi mereka yang mempunyai kelebihan pendapatan. Ibadah qurban ini dilaksanakan ketika hari raya Idul Adha, dimana qurban diberikan dengan menyembelih hewan ternak di daerah umat muslim tersebut. Di Indonesia, hewan yang digunakan sebagai Qurban seperti sapi, kambing, kerbau. Setelah melakukan sholat Idul Adha, umat Islam akan melakukan ritual yang berlangsung hingga 3 hari setelah Idul Adha. Tetapi akan lebih baik dilakukan di hari awal sesudah Sholat Ied. Dengan kemajuan jaman, sekarang ibadah Qurban bisa dilakukan dengan cara online, seperti Qurban online.

 

Agar bisa melaksanakan ibadah qurban ini, umat muslim tidak bisa begitu saja memberi hewan yang akan dijadikan qurban, ada beberapa hal yang termasuk sunnah di dalam berqurban harus secara jelas diketahui agar qurban yang dilakukan mempunyai manfaat yang baik bagi kehidupan beragama. Sunnah yang dianjurkan ketika melakukan ibadah qurban seperti melihat bentuk nyata dari hewan yang diqurbankan serta berzikir ketika penyembelihan, memiliki 1/3 bagian dari hasil penyembelihan, memakan sebagian dari hasil tersebut, dan tidak memotong rambut dan kuku hingga hewan disembelih.

 

Sunnah ini memang tidak bisa dilaksanakan jika Anda melakukan qurban secara online seperti yang banyak ditawarkan belakangan ini oleh lembaga zakat. Tetapi jangan cemas karena qurban yang dilakukan secara online tetap dibolehkan, karena tidak ada aturan baku yang melarang sistem ini, selain itu qurban dengan menggunakan sistem online tetap dapat memberikan manfaat serta memberi keberkahan untuk sesama umat muslim, karena panitia pasti tidak akan sembarangan membagikan hewan qurban yang sudah Anda berikan tersebut.

 

Agar ibadah yang Anda lakukan tetap aman, Anda harus memilih lembaga yang benar-benar berkompeten. Ada beberapa tips untuk melakukan pemilihan lembaga zakat tersebut seperti:

 

  1. Pilih lembaga zakat yang memiliki nama besar. Lembaga zakat yang sudah memiliki nama besar pasti akan menjaga dengan baik nama mereka sehingga mereka akan memberikan pelayanan yang memuaskan,
  2. Pilih lembaga yang sudah berdiri lama. Lembaga yang sudah berdiri lama biasanya memiliki pengalaman yang baik dalam teknis ibadah ini,
  3. Pilih lembaga yang benar-benar berkompeten. Anda bisa melihat berapa orang yang ikut berqurban secara online pada lembaga tersebut. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai indikator.

 

Dengan mengutamakan pembagian daging pada mereka yang lebih memerlukan dibandingkan dengan kita sendiri, kita otomatis sudah melakukan amalan kebaikan, dan akan mendatangkan kebaikan untuk diri kita atau pun umat yang lain. Hal yang harus menjadi catatan penting di dalam ibadah ini ialah bukan cara memberikan kurban, namun makna ibadah yang harus kita ketahui. Jadi, tidak ada salahnya Anda menggunakan cara ini karena sistem ini juga memberi manfaat bagi kita.