Popularitas K-pop Menurun, Benarkah?

Korean Pop atau K-pop merupakan sebuah aliran musik yang sering disandingkan dengan aliran musik tetangganya yakni J-pop. Di Indonesia kepopuleran K-pop mencapai puncaknya pada pertengahan 2008 hingga 2012. Saat itu K-pop dipopulerkan oleh TVXQ, Super Junior dan Girls Generation. Seiring dengan kepopuleran mereka, maka muncullah boyband dan girlband yang juga langsung menjadi idola seperti Big Bang, 2PM, Wonder Girls, 2NE1 dan lain-lain. Namun, ada anggapan bahwa kini popularitas K-pop tidak begitu populer seperti dulu. Beberapa menganggap bahwa sense of K-pop menjadi kurang karena beberapa lagu lebih mengusung musik electropop yang lebih kebarat-baratan.

Meski dianggap menurun, nyatanya industri hiburan Korea tidak kehilangan para penggemarnya dalam waktu yang cepat. Salah satu bentuk hiburan yang masih berdiri tegak di beberapa negara adalah drama Korea yang semakin meningkat kualitasnya. Sebut saja Goblin yang menjadi trending topic di media sosial. Bahkan salah satu adegan dimana sebuah pedang berwarna hijau tosca menancap di jantung Goblin menjadi viral. Dari sini kita bisa melihat bahwa industri hiburan Korea masih tetap digemari. Kembali pada K-pop, ada beberapa boyband dan girlband yang sukses membangkitkan gairah K-pop yang sempat lesu tersebut. Khusus girlband sendiri, berikut beberapa yang sedang hits dan populer

  1. Black Pink

Black Pink adalah girlband rookie yang beranggotakan Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa. Black Pink dianggap sebagai penerus 2NE1 yang telah bubar pada 2016 lalu. Dengan kehadiran Black Pink seolah mengobati kekecewaan para fans akan keputusan 2NE1 yang memilih bubar dan bersolo karir.

  1. EXID

Exceed in Dreaming atau EXID adalah girlband yang digawangi oleh Solji, Hani, Hyelin, Jeonghwa, dan LE. Girlband yang dibentuk pada 2012 memulai debutnya dengan meluncurkan single “Whoz That Girl”. Pada 2015 yang lalu EXID merilis EP kedua yang berjudul Ah Yeah dan mendapat sambutan yang positif. Di tahun yang sama EXID berhasil meraih penghargaan Platinum Disc Certification in Digital Sales pada Sony Music Sales Awards.

  1. Red Velvet

Red Velvet merupakan girlband yand mengawali debutnya pada 1 Agustus 2016 dengan digital single berjudul “Happiness”. Red Velvet terdiri dari Irene, Wendy, Seulgi, Yeri dan Joy. Pada Maret 2017 Red Velvet akan melakukan world tour dalam KCON di Mexico City, Mexico.

Itulah beberapa girlband yang masih dan sedang hits di kancah musik K-pop. Dalam industri hiburan memang ada pasang surut popularitas karena tren baru yang bermunculan. Namun bukan tidak mungkin popularitas K-pop akan menanjak seiring dengan waktu. Kita tunggu saja.

Sumber : kmazing.net