Malaikat Maut dan Nabi Sulaiman

Suatu hari, diketahui bahwa Nabi Sulaiman tengah mengadakan jamuan makan untuk para tamu kenegaraan. Namun tiba-tiba datanglah seorang pemuda secara tiba-tiba dan memandangi tamu dengan tatapan yang tajam sehingga membuat siapapun yang melihat pandangannya merasa gemetar dan ketakutan. Setelah memandangi semua tamu satu persatu, pemuda tersebut memandangi si fulan agak lama sehingga fulan tersebut merasa merinding dan gemetar ketakutan. Kemudian pemuda yang tidak dikenali tersebut pergi tanpa ada yang tahu kemana arah perginya. Kemudian si fulan bertanya kepada nabi, siapakah pemuda tersebut. Kemudian Nabi sulaiman menjawab bahwa pemuda tersebut adalah malaikat maut yang akan mengambil nyawa salah seorang yang ada disini. Lalu si fulan menyadari bahwa orang yang akan diambil nyawanya adalah dia. Sehingga si fulan memohon untuk memindahkan dirinya ke tempat yang jauh dari tempat jamuan.

Kemudian Nabi Sulaiman memindahkan si fulan dengan angin pergi ke Negeri India. Sesudah kepergian si fulan, pemuda misterius itu datang kembali dan bertanya tentang si fulan. Kemudian Nabi Sulaiman menceritakan bahwa si fulan kini tengah ada di India. Selanjutnya pemuda tersebut berkata bahwa sesungguhnya Allah SWT telah menggariskan kematian dari si fulan di India saat ini. Oleh karena itulah pemuda tersebut langsung ke India untuk mengambil nyawa si fulan. Selain itu, adapula kisa tentang wafatnya Nabi Sulaiman yang kala itu sedang mengawasi para jin yang tengah bekerja. Beliau terus memantau sampai tidak ada satu jin pun yang berani menolehkan arah pandangannya ke Nabi Sulaiman. Ketika itu, diketahui bahwa malaikat maut datang menghampiri Nabi Sulaiman kemudian mencabut nyawanya.

Beliau wafat dalam kondisi sedang berdiri dan disangga oleh tongkatnya. Oleh karena itulah tidak ada yang jin yang mengetahui bahwa rajanya telah wafat. Kemudian Allah SWT memerintahkan rayap untuk memakan tongkat milik Nabi Sulaiman. Selama berhari-hari tongkat Sulaiman dimakan rayap hingga habis, barulah tubuhnya tersungkur ke tanah. Sejak saat itulah baru diketahui bahwa Nabi Sulaiman sudah meninggal sehingga para jin menghentikan semua pekerjaannya lalu menghampiri beliau.