Kekurangan Musik Dangdut Indonesia Yang Tidak Kita Sadari

Apakah Anda penggemar musik dangdut? Jika iya pastinya Anda telah mengetahui seluk beluk musik yang berakar dari musik melayu ini. Musik yang dipopulerkan oleh Rhoma Irama pada tahun 1970-an ini memiliki banyak sekali genre yang dapat Anda pilih sesuai dengan hobbi dan selera Anda. Diantaranya adalah dangdut klasik, dangdut koplo, disko dangdut dan keroncong dangdut. Musik dangdut merupakan musik yang memiliki banyak kegunaan diantaranya adalah dapat digunakan sebagai sarana untuk merilekskan diri dan pikiran, sabagai sarana komunikasi, sebagai sarana hiburan serta sebagai sarana untuk berdakwah. Dengan banyaknya fungsi yang dimiliki, menjadikan musik dangdut Indonesia memiliki penggemar yang tidak sedikit jumlahnya.

Musik Dangdut Indonesia

Namun tahukah Anda musik dangdut saat ini memiliki beberapa kekurangan yang jika dibiarkan akan merusak citra musik dangdut itu sendiri. Salah satu diantaranya adalah penampilan musisi dangdut yang dinilai kurang sopan dan cenderung mengarah pada pornoaksi. Hal ini terjadi pada beberapa waktu terakhir ini, terutama setelah lahirnya jenis musik dangdut koplo. Musik dangdut koplo memang sangat energik dan sangat menyenangkan ketika didengarkan, tabuhan gendang dengan tempo yang lebih cepat dengan nada yang menghentak menjadikan tubuh kita tergelitik untuk ikut bergoyang. Namun goyangan yang tampilkan oleh artis dangdut koplo ini terkadang melewati batas seperti misalnya goyang ngebor dan goyang itik.

Kekurangan lain yang dimiliki oleh musik dangdut Indonesia adalah kostum yang dikenakan oleh para musisi dangdut yang dirasa kurang sopan dan tidak nyaman dipandang mata. Beberapa musisi dangdut saat ini menggunakan kostum ketat dengan beberapa bagian berkilau. Dengan kostum seperti ini justru memberikan kesan bahwa dangdut seperti musik kampungan yang norak.

Hal lain yang dirasa menjadi kekurangan yang dimiliki oleh musik dangdut adalah liriknya. Dimana lirik dangdut saat ini cenderung kurang akan makna dan pesan yang dapat dipetik. Lirik lagu terbaru pada musik dangdut yang dibuat akhir-akhir ini lebih cenderung menonjolkan kesan humor dan jenaka dengan bahasa yang ringan dan menampilkan istilah-istilah baru untuk dipopulerkan. Hal ini sangat berlawanan dengan musik dangdut generasi pendahulunya yang memiliki lirik yang sarat makna bahkan dapat dijadikan ajang untuk berdakwah dan mengajarkan pada kebaikan.

Itulah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh musik dangdut Indonesia. Namun lebih dari itu dangdut merupakan musik yang sangat baik serta memberikan banyak manfaat. Kekurangan yang dimilikinya dapat kita sikapi dengan bijak agar tidak berkembang ke arah yang merugikan. Selain dari itu seiring dengan berjalannya waktu. Musik dangdut pun kini tampil lebih modern dan meninggalkan segala kekuranganya perlahan-lahan. Seperti yang telah ditampilkan oleh Ayu Ting Ting yang tampil lebih modern dan lebih sopan.