Makalah Budaya Politik – Pengertian, Ciri, Bentuk

Belakangan ini di Indonesia ada satu hal yang lagi ramai dibahas yaitu bergabungnya Hary Tanoe dengan kubu presiden Jokowi. Itu adalah salah satu budaya politik yang ada di Indonesia, dimana pentolan dari 2 partai bergabung menjadi satu.

Sebenarnya apa sih arti dari istilah budaya politik itu sendiri?

Budaya politik adalah pola berperilaku masyarakat Indonesia yang berhubungan dengan bernegara dan menjalani kehidupan berbangsa. Hal ini mencakupi semua bidang politik seperti penyelenggaran administrasi negara, pemerintahan, dan juga adat istiadat yang terdapat di Indonesia.

Banyak sekali orang-orang yang kian terjun ke dunia politik karena menginginkan kekuasaan atau ingin mengubah nasib rakyat Indonesia mnejadi lebih baik.

Makalah ini akan mengajarkan Anda pengertian budaya politik dengan meberikan ciri dan bentuknya.

Ciri-Ciri Budaya Politik Indonesia

Budaya Politik

Untuk menyandang istilah budaya politik, sistem tersebut wajib memiliki ciri-ciri berikut ini:

  • Memiliki kegiatan partai politik dimana setiap masyarakat boleh berpartisipasi dan ikut di dalamnya.
  • Memberikan kesempatan kepada orang-orang baru yang ingin terjun ke dalam dunia politik.
  • Mempunyai sistem yang bisa mengatur konstitusi, undang-undang, serta kekuasaan presiden.
  • Harus berpatokan dan bertujuan untuk mengalokasikan sumber daya manusia.
  • Masyarakat bebas berpendapat mengenai kebijakan dan penyelenggaraan acara yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Bentuk Budaya Politik Indonesia

  • Budaya Politik Parokial

Ini adalah cara berpikir masyarakat jaman dulu yang dapat ditemukan pada orang-orang yang masih tinggal di pedalaman. Mereka mempunyai adat dimana pemimpin haruslah salah satu dari orang yang paling tua di daerah tersebut.

Masyarakat disana juga tidak terlalu peduli dengan aktifitas politik yang terdapat di lingkungan tersebut, dan tidak masalah memberikan gelar tertinggi sebagai pemimpin kepada siapa pun orangnya.

  • Budaya Politik Kaula

Berbeda halnya dengan parokial, masyarakat yang menganut buday politik kaula mempunya pengetahuan umum mengenai hak dan kewajiban dari pemerintah dan pimpinan mereka. Tetapi mereka masih tidak mempunya minat untuk bergabung dan berpartisipasi dalam aktifitas politik di daerah tersebut.

Mereka tetap patuh terhadap peraturan-peraturan yang berlaku tetapi tidak peduli dengan kegiatan politik yang berlangsung.

  • Budaya Politik Partisipan

Yang terakhir adalah buday politik partisipan. Tipe ini adalah yang terbaik dibandingkan lainnya.

Seain masyarakatnya mengerti dan paham akan budaya politik yang berlaku, mereka juga ingin berpartisipsai di dalamnya untuk membuat negara Indonesia semakin maju.

Di Indonesia saat ini masih sedikit masyarakat yang tergolong dalam budaya ini karena masih minimnya pengetahuan akan politik. Tetapi jika setiap orang menganut budaya ini maka Indonesia bisa menjadi negara yang lebih maju dibandigkan negara annya.